Kamis, 27 Juni 2013

Pentingnya Mengetahui Minat Dan Bakat Anak

           


                Pendidikan, ya pendidikan suatu bekal masa depan anak bangsa. Namun semua itu tak seimbang jika tidak di barengi bakat yg luar biasa yang di miliki oleh siswa. Bicara tentang bakat seringkali seorang anak tak tau bakat mereka apa dan mereka membuang- buang waktu mereka dengan bakat yang sulit mereka. Namun, terkadang mereka mengetahui bakat minat mereka dan menekuninya tapi orang tua tak menyetujuinya.
Sekolah pun ikut andil dalam bidang bakat-perbakatan ini.
             karena di sekolah siswa siswi ini bisa mengikuti ekstrakulikuler yang sesuai dengan bakat mereka tapi terkadang ekstra yang di inginkan malah tidak ada di sekolahnya. maka dari itu orang tua maupun guru sekolah mengenal ciri-ciri minat mereka agar anak-anak tidak kebingungan. dengan cara:

  1. Mengetahui Ciri Khas Mereka
        Melihat apa yang sering mereka kerjakan, ucapkan, dan mereka gemari. seperti: ketika dia bersedih, mereka akan menghibur hatinya dengan apa yang mereka gemari.
     2.  Cara Belajar Yang Berbeda
         Setiap anak akan mempunyai cara belajar masing - masing. Contoh; ada anak yang selalu belajar dari pengalaman yang dia dapat dari kesalahan - kesalahanya.
     3.  Memiliki Keterampilan Yang Lebih
      Ya keterampilan, perhatikanlah suatu hal lebih yang dilakukan anak - anak dan selalu kembangkan itu lebih dari yang semula.
     4.   Kemampuan Logika Yang Tinggi
      Ketika anak dihadapkan suatu kesulitan disitulah mereka akan mengeluarkan logika mereka. Itu kesempatan anda untuk mengetahui anak anda berbakat atau tidak. 
     5.   Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi
      Anak berbakat sering kali banyak bertanya dan selalu ingin tau. Dan jika itu terjadi bimbinglah anak anda dengan santai tapi pasti. jangan grusah-grusuh karena sebagian anak tidak suka di paksa atau tergesah dengan apa yang mereka ingin kan.

Dan itulah sekilas tips "Pentingnya Mengetahui Minat Dan Bakat Anak". Ketahui dulu minat anak anda jangan grusah-grusuh atau memaksa mereka. sekian TerimaKasih Wassalamua'alaikum Wr Wb
 
 

0 komentar:

Posting Komentar